Kamis, 21 Juni 2012

bahasa : penting dalam pembelajaran

          belajar merupakan sebuah proses yang akan terus berlangsung selama kita mau. belajar bisa dalam konteks apapun. dan kali ini aku cukup tertarik dari buku totochan serta beberapa film pendidikan dan aku belajar darinya seperti taree zamen paar dan helen keller. dari beberapa hal yang ku pelajari aku menyimpulkan bahwa ketika setiap kita belajar, kita membutuhkan sebuah bahasa. bahasa yang mana setiap orang memahami bahasa itu dengan sudut pandang berbeda. sulit memang ketika kita harus menyesuaikan bahasa  setiap orang dalam belajar. tetapi di sanalah seninya. 
          banyak orang beranggapan bahwa ketika seorang guru mentransfer ilmunya kepada murid-muridnya dengan bahasa yang tidak dipahami oleh murid tersebut, maka murid itu dicap bodoh. bisa jadi sang murid tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh gurunya. bahkan saat Helen Keller buta dan tidak mampu berbicara (asumsikan bahwa ia orang yang tidak tau apapun yang disentuhnya) pada akhirnya bisa menjadi orang yang dapat melihat dunia dengan caranya karena mendapat sentuhan pengajaran dari gurunya.
            begitu pun dengan Totochan. ia belajar dengan caranya. rasa ingin tahunya memaksanya untuk doing something. orang-orang di sekelilingnya menganggap ia nakal karena mereka tidaklah paham dengan apa yang dilakukan Totochan. tetapi orang tua dan kepala sekolah Tomoe Gakkoen memiliki cara (baca bahasa) untuk memahaminya. 
       jadi bahasa baik lisan, tulisan, bahasa tubuh merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam hal pengajaran. sesungguhnya tidak hanya belajar tetapi bergaul pun kita memiliki bahasa. karena bahasa kita memiliki banyak cerita, cinta, persahabatan dan lainnya. hehhehe
::::: konklusi yang agaknya kurang nyambung. but it's okay hhehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar